Organisasi dana metode secara penulisan ada dua kata
yang berbeda, dan memiliki arti yang luas
Istilah organisasi dapat diartikan :
Wadah : sekelompok manusia untuk saling bekerjasama
Proses : pengelompokan manusia dalam suatu kerja sama yang
efisien
Pengertian
organisasi :
·
Organisasi menurut
Stoner
adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana
orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
·
Organisasi menurut
James D. Mooney
adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk
mencapai tujuan bersama.
·
Organisasi Menurut
Chester I. Bernard
merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang
dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Istilah
metode :
Berarti suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan
secara efisien.
Pengertian organisasi dan metode secara lengkap adalah
:
Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk
meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya
proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi
atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan.
Teori
Organisasi
1.
Teori Organisasi Klasik (Teori Tradisional)
Teori klasik (classical theory) berisi konsep-konsep
tentang organisasi mulai tahun 1800 (abad 19). Secara umum digambarkan oelh
para teoritisi klasik sebagai sangat desentralisasi dan tugas-tugasnya
terspesialisasi, serta memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku
tidak mengandung kreativitas.
a.
Teori Birokrasi
Teori ini dikemukakan oleh Max Weber dalam bukunya
“The Protestant Ethic and Spirit of Capitalism. Kata birokrasi mula-mula
berasal dari kata legal-rasional. Organisasi itu legal, karena wewenangnya
berasal dari seperangkat aturan prosedur dan peranan yang dirumuskan secara
jelas, dan organisasi disebut rasional dalam hal penetapan tujuan dan
perancangan organisasi untuk mencapai tujuan tersebut.
b.
Teori Administrasi
Teori ini sebagian besar dikembangkan atas dasar
sumbangan Henri Fayol dan Lyndall Urwick dari Eropa serta Mooney dan Reily dari
Amerika.
Henry Fayol industrialis dari Perancis, pada tahun
1841-1925 mengemukakan dan membahas 14 kaidah manajemen yang menjadi dasar
perkembangan teori administrasi adalah :
1. Pembagian kerja (division of work)
2. Wewenang dan tanggung jawab (authorityand
responsibility)
3. Disiplin (discipline)
4. Kesatuan perintah (unity of command)
5. Kesatuan pengarahan (unity of direction)
6. Mendahulukan kepentingan umum daraipada pribadi
7. Balas jasa (remuneration of personnel)
8. Sentralisasi (centralization)
9. Rantai scalar (scalar chain)
10. Aturan (oreder)
11. Keadilan (equity)
12. Kelanggengan personalia (stability of tenure of
personnel)
13. Inisiatif (initiative)
14. Semangat korps (spirit de corps)
MACAM
ORGANISASI DARI SEGI TUJUAN DAN LUAS WILAYAHNYA
1.
Organisasi Niaga
Organisasi yang tujuan utamanya mencari keuntungan.
Macam-macamnya yaitu :
1. Perseroan Terbatas (PT)
2. Perseroan Komanditer (CV)
3. Firma (FA)
4. Koperasi
5. Join ventura
6. Holding Company
2.
Organisasi sosial dan organisasi kemasyarakatan.
Organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat.
1. Jalur pembentukannya :
2. Jalur Keagamaan
3. Jalur Profesi
4. Jalur Kepemudaan
5. Jalur Kemahasiswaan
6. Jalur Kepartaian & Kekaryaan
7. Organisasi Regional dan internasional.
3.
Organisasi regional
adalah organisasi yang luas wilayahnya meliputi
beberapa negara tertentu saja.
4.
Organisasi internasional
adalah organisasi yang anggota-anggotanya meliputi
negara di dunia.
BENTUK
ORGANISASI
1.
Organisasi Garis
Bentuk organisasi tertua dan paling sederhana.
Ciri-ciri bentuk organisasi ini adalah organisasinya masih kecil, jumlah
karyawannya sedikit dan saling mengenal serta spesialisasi kerja belum tinggi.
2.
Organisasi Garis dan staf
Dianut oleh organisasi besar, daerah kerjanya luas dan
mempunyai bidang tugas yang beraneka ragam serta rumit dan jumlah karyawannya
banyak. Staf yaitu orang yang ahli dalam bidang tertentu, tugasnya memberi
nasihat dan saran dalam bidang kepada pejabat pimpinan di dalam organisasi.
3.
Organisasi fungsional
Organisasi yang disusun atasdasar yang harus
dilaksanakan organisasi ini dipakai pada perusahaan yang pembagian tugasnya
dapat dibedakan dengan jelas.
4.
Organisasi Panitia
Organisasi dibentuk hanya untuk sementara waktu saja,
setelah tugas selesai maka selesailah organisasi tersebut.
5.
Organisasi Lini dan Staf
Staf tugasnya memberi layanan dan nasihat kepada
manager dalam pelaksanaan suatu kegiatan. Tugas yang dilakukan oleh ini
merupakan tugas-tugas pokok dari suatu organisasi atau perusahaan
Istilah atau pengertian dari organisasi
dapat diartikan sebagai berikut :
1. Wadah : Artinya
organisasi dapat dijadikan sebagai wadah atau tempat sekelompok manusia untuk
berkumpul dan saling bekerjasama secara rasional, sistematis, terencana,
terorganisasi, terpimpin dan terkendali untuk mencapai tujuan yang organisasi.
Dengan memanfaatkan sumber daya seperti uang, material, mesin, metode,
lingkungan dan lain-lain.
2. Proses : Artinya
organisasi juga merupakan sebuah proses pengelompokan manusia dalam suatu
kerjasama yang efektif dan efisien. Sehingga tujuan organisasi dan tujuan
individu dapat tercapai secara selaras dan harmonis sehingga diperlukannya
kerjasama dan usaha yang sungguh-sungguh dari kedua belah pihak yaitu pengurus
organisasi dan anggota organisasi tersebut.
Ada beberapa definisi organisasi menurut
para ahli adalah sebagai berikut:
· Stoner
: Mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui
mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama .
· James D. Mooney
: Mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia
untuk mencapai tujuan bersama .
· Chester I. Bernard
: Berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas
kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
· Stephen P. Robbins
: Menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang
dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat
diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk
mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Sedangkan istilah atau pengertian dari
metode adalah sebagai berikut :
Suatu tata kerja yang
dapat mencapai tujuan secara efisien, adapun defisini metode menurut para ahli
adalah sebagai berikut:
#ROTHWELL&KAZANAS
Metode adalah cara, pendekatan, atau proses untuk menyampaikan informasi
Metode adalah cara, pendekatan, atau proses untuk menyampaikan informasi
#TITUS
Metode adalah rangkaian cara dan langkah yang
tertib dan terpola untuk menegaskan bidang keilmuan.
#MACQUARIE
Metode adalah suatu cara melakukan sesuatu, terutama yang berkenaan dengan rencana tertentu
Metode adalah suatu cara melakukan sesuatu, terutama yang berkenaan dengan rencana tertentu
#WIRADI
Metode adalah seperangkat langkah (apa yang harus dikerjakan) yang tersusun secara sistematis(urutannyalogis)
Metode adalah seperangkat langkah (apa yang harus dikerjakan) yang tersusun secara sistematis(urutannyalogis)
#DRS.AGUSM.HARDJANA
Metode adalah cara yang sudah dipikirkan masak-masak dan dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah tertentu guna mencapai tujuan yang hendak dicapai
Metode adalah cara yang sudah dipikirkan masak-masak dan dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah tertentu guna mencapai tujuan yang hendak dicapai
Sehingga
pengertian organisasi dan metode secara lengkap: rangkaian proses kegiatan yang
harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan factor yang
menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan
fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang
sah ditetapkan.
Sumber : http://kurodiamond.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar