Rabu, 17 Oktober 2012


KOMPUTER SEBAGAI PEMECAH MASALAH

Pendahuluan..
DASAR-DASAR KOMPUTER PENGERTIAN KOMPUTER

Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.

1.1 Pengertian Komputer Berdasar Golongan
A.General Purpose Computer
Komputer yang umum digunakan pada setiap hari, juga bisa disebut sebagai general-purpose computer, dimana bisa digunakan untuk menyelesaikan pelbagai variasi pekerjaaan. Komputer jenis ini dapat menggunakan Berbagai software, bermacam-macam langkah yang saling menyempurnakan, termasuk didalamnya penulisan dan perbaikan (word-processing),menyelesaikan pelbagai perhitungan ilmiah, ataupun mengontrol sistem keamanan organisasi.
B.Special Purpose Computer Special-purpose computer
digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan ataupun aplikasi khusus. Special purpose pada awalnya merupakan general-purpose, yang digunakan secara khusus dan disesuaiakan dengan konfigurasi ataupun peralatan didalamnya yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa.

1.2 Pengertian Komputer Menurut Kapasitasnya
a.Personal Computer (PC)/ Micro Computer
b.Mini Computer
c.Mainframe Computer
d.Super Computer

1.3 penyimpanan primer dan sekunder pada komputer
a.Penyimpanan Primer
RAM (Random Access Memory) Merupakan nama yang yang diberikan pada integrated circuit yang berfungsi sebagai bagian dari penyimpanan primer yang digunakan untuk menyimpan perangkat lunak dan data
ROM (Read Only Memory)
Memori dalam CPU berfungsi membantu proses kerja komputer. ROM adalah salah satu memori, mempunyai sifat hanya dapat dibaca dan tidak bisa diubah dan mempunyai sifat yang permanen atau tetap (non volatile)
Cache Memory
Merupakan memori yang dapat meningkatkan kecepatan komputer dan dikatakan sebagai memori perantara.
b.Penyimpanan Sekunder External memory
bisa diartikan sebagai memory yang berada diluar CPU. Juga disebut sebagai Secondary Storage ataupun Backing Storage ataupun Memory Cadangan yang berfungsi untuk menyimpan data dan program.

Arsitektur komputer
Sampai saat ini komputer sudah mengalami perubahan dari model awalnya, walaupun begitu semua komputer memiliki arsitektur dasar yang sama. Skema komputer  (computer schema), adalah diagram yang menggambarkan unit-unit dasar yang terdapat dalam semua sistem komputer.
1.    Central processing unit (CPU), yang mengendalikan semua unit sistem komputer yang lain dan mengubah input menjadi output.
•    Primary storage (penyimpanan primer), berisi data yang sedang diolah dan program.
•    Control unit (unit pengendali), membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu sistem
•    Arithmatika and logical Unit , tempat berlangsungkan operasi perhitungan matematika dan logika.
2.    Unit Input,  memasukkan data ke dalam primary storage.
3.    Secondary storage  (penyimpanan sekunder),  menyedikan tempat untuk menyimpan program dan data saat tiak digunakan.
4.    Unit Output, mencatat hasil pengolaha

terdapat 2 trend utama dalam perkembangan software :
1. Trend beralih dari costum designed software yang digunakan/dibuat untuk pengguna tertentu, beralih pada trend penggunaan paket software yang disediakan oleh suatu vendor dan dapat digunakan oleh banyak pengguna sistem. Hal ini ditandai dengan banyaknya paket-paket software yang mudah digunakan untuk mikrokomputer.
2. Trend penggunaan bahasa pemrograman yang teknikal, spesifik terhadap mesin dengan menggunakan simbol dan berbasis bilangan biner dan penggunaan ekspresi matematika untuk menspesifikasikan sejumlah instruksi, menjadi bahasa yang non procedural, bahasa natural dan lebih dekat dengan bahasa yang digunakan manusia, dan terus berkembang menjadi bentuk grafikal maupun berfungsi sebagai expert system
.
Sistem operasi melaksanakan 3 fungsi utama manajemen dalam kerja komputer :
1. Pengaturan kerja (job management), yaitu mempersiapkan, penjadwalan, dan pengawasan kerja untuk proses yang berkelanjutan. Pengaturan kerja ini disediakan oleh suatu sistem program yang terintegrasi yang menjadwalkan dan mengarahkan alur kerja sistem komputer.
2. Pengaturan sumberdaya (resource management), yaitu mengawasi penggunaan sumberdaya sistem komputer yang digunakan oleh manajemen basis data, telekomunikasi dan sistem software lainnya, termasuk program aplikasi yang sedang dieksekusi. Sumberdaya meliputi; tempat penyimpanan primary dan secondary, waktu proses CPU, dan peralatan input/output.
3. Pengaturan data (data management), yaitu pengawasan data yang masuk dan keluar, ke dan dari sistem, penyimpanan dan pengambilan data. Pada beberapa sistem operasi, program yang menjalankan fungsi ini disebut dengan input/output controlling system (IOCS).

KESIMPULAN :
Jadi kesimpulan yang kita dapat dari penjelasan yang kica cari adalah, komputer sebagai pemecah masalah, karna komuter dibutuhkan bagi semua pengguna. Dan di dalam komputer dapat  membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.  Memiliki banyak fungsi didalamnya.

SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar