Rabu, 17 Oktober 2012

E-commerce



E-commerce

Pendahuluan..
E-comerce adalah suatu penggunaan komputer atau jaringan internet untuk transaksi jual beli barang,jasa dan masih banyak lagi.Dengan adanya E-comerce ini dapat meminimalisir biaya dan tenaga pemasaran karna sudah lewat E-comerce.
Proses yang ada dalam E-commerce adalah:
Ø  Presentasi electronis(pembuatan web site) untuk produk layanan
Ø  Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan
Ø  Otomasi account pelanggan semakin aman(no rekening maupun no kartu kredit)
Ø  Pembayaran yang dilakukan secara online dan penanganan transaksi.
Keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan transaksi E-commerce bagi suatu perusahaan:
Ø  Meningkatkan pendapatan  dengan meggunakan channel biayanya lebih murah
Ø  Mengurangi biaya produksi
Ø  Mengurangi keterlambatan pengiriman dengan menggunakan transfer elektronik serta mempercepat waktu
Ø  Mempercepat pelayanan,dan pelayanan lebih responsif
Arsitek dan Konfigurasi Sistem
                Arsitek dari web ini adalah arsitek client/server artinya arsitek ini menggunakan client dan server,beda alnya dengan word(client) dan Vax(server).
1.stateless web server
                Web server harus mengingat siapa dan hal apa yang sudah dilakukan.Stateless artinya setiap merespon request HTTP sever akan selesai bekerja dan tidak mencatat hal yng sudah dilakukan pengguna
2.Konfigurasi sistem dan tool yang digunakan
                Maslah lain dalam aplikasi ini adalah keamanan mengenai transaksi yang melibatkan kartu kredit.Informasi ini harus di dijelaskan oleh institusi yang berkualitas dan memerlukan konfigurasi serta penggunaan beberapa macam tool.Hal ini perlu menggunakan algoritma untuk keamanannya.
Teori Enkripsi Public-key/private-key adalah Komputer yang akan berkomunikasi  menggunakan data terenkripsi harus memiliki 2 kunci,yaitu public-key artinya tersedia bagi siapa saja yng ingin melakukan komunikasi dengannya,dan Private key artinya sifatnya rahasia,misalanya transaksi melalui bank.
Meski masalah keamana sudah ditangani oleh public key dan private key,yaitu dibutuhkan sertifikasi untuk keamana pengiriman,tentang pengiriman kebenaran dari pihak otoritas,bukan dari pihak lain yang tidak berkepentingan dan menyalahgunakannya.
Secure protokol  secara alamiah ini brsifat terbuka terhadap penyusunannya.Agar kartu kredit tidak mudah dibaca maka menggunakan secure protokol adalah tambahan dari key dan sertifikasi dari situs E-commerce yang akan ditransfer atau browser yang lain.
Enkripsi dan tool sirkuit ditambahkan modul SSL pada instalasinya untuk melakukan autorisasi kartu kredit.
Penggunaan firewall yaitu dugunakan untuk melindungi jaringan dari ancaman luar.Keuntungannya dapat melindungi web dari ancaman luar.

Playflopro dan Cybercash untuk penggunaan verrysign untuk pemrosesan kartu kredit.diperlukan intalasipustaka kode.
Curl merupakan akronim dari fungsi-funsi pustaka client URL.Kode pustaka ini dipergunakan untuk berkomunikasi dengan melalui internet menggunkan sembarangan protokol disisi lawan.
                Pemrosesan kartu kredit adalah pemrosesan kartu kredit ini dilakukan oleh perusahaan yang bersangkutan dan cukup terkenal.
Jenis-jenis E-Commerce
Kegiatan E-Commerce mencakup banyak hal, untuk membedakannya E-Commerce dibedakan menjadi 2 berdasarkan karakteristiknya:
1. Business to Business, karakteristiknya:
• Trading partners yang sudah saling mengetahui dan antara mereka sudah terjalin hubungan yang berlangsung cukup lama.
• Pertukaran data dilakukan secara berulang-ulang dan berkala dengan format data yang telah disepakati bersama.
• Salah satu pelaku tidak harus menunggu rekan mereka lainnya untuk mengirimkan data.
• Model yang umum digunakan adalah peer to peer, di mana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.

2. Business to Consumer, karakteristiknya:
• Terbuka untuk umum, di mana informasi disebarkan secra umum pula.
• Servis yang digunakan juga bersifat umum, sehingga dapat digunakan oleh orang banyak.
• Servis yang digunakan berdasarkan permintaan.
• Sering dilakukan sistim pendekatan client-server. (Onno W. Purbo & Aang Arif. W; Mengenal E-Commerce, hal 4-5)

Tujuan Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis
Tujuan suatu perusahaan menggunakan sistim E-Commerce adalah dengan menggunakan E-Commerce maka perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya.

Mantaat Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis
Manfaat dalam menggunakan E-Commerce dalam suatu perusahaan sebagai sistem transaksi adalah:
a. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
Transaksi on-line yang membuat semua orang di seluruh dunia dapat memesan dan membeli produkyang dijual hanya dengan melalui media computer dan tidak terbatas jarak dan waktu.
b. Menurunkan biaya operasional (operating cost).
Transaksi E-Commerce adalah transaksi yang sebagian besar operasionalnya diprogram di dalam komputer sehingga biaya-biaya seperti showroom, beban gaji yang berlebihan, dan lain-lain tidak perlu terjadi
c. Melebarkan jangkauan (global reach).
Transaksi on-line yang dapat diakses oleh semua orang di dunia tidak terbatas tempat dan waktu karena semua orang dapat mengaksesnya hanya dengan menggunakan media perantara komputer.
d. Meningkatkan customer loyalty.
Ini disebabkan karena sistem transaksi E-Commerce menyediakan informasi secara lengkap dan informasi tersebut dapat diakses setiap waktu selain itu dalam hal pembelian juga dapat dilakukan setiap waktu bahkan konsumen dapat memilih sendiri produk yang dia inginkan.
e. Meningkatkan supply management.
Transaksi E-Commerce menyebabkan pengefisienan biaya operasional pada perusahaan terutama pada jumlah karyawan dan jumlah stok barang yang tersedia sehingga untuk lebih menyempurnakan pengefisienan biaya tersebut maka sistem supply management yang baik harus ditingkatkan.
f Memperpendek waktu produksi.
Pada suatu perusahaan yang terdiri dari berbagai divisi atau sebuah distributor di mana dalam pemesanan bahan baku atau produk yang akan dijual apabila kehabisan barang dapat memesannya setiap waktu karena on-line serta akan lebih cepat dan teratur karena semuanya secara langsung terprogram dalam komputer.
Pernyataan-pernyataan Onno W. Purbo di atas juga didukung oleh permyataan Laura Mannisto (International Telecommunication Union, Asia and the Future of the World Economic System, 18 March 1999, London), yaitu:
a. Ketersediaan informasi yang lebih banyak dan mudah diakses Ketersediaan informasi produksi dan harga dapat diakses oleh pembeli, penjual, produsen dan distributor.
b. Globalisasi Produksi, distribusi dan layanan konsumen : jarak dan waktu relatif lebih pendek, sehingga perusahaan dapat berhubungan dengan rekan bisnis di lain negara dan melayani konsumen lebih cepat. Produsen dapat memilih tempat untuk memproduksi dan melayani konsumen tidak tergantung dimana konsumen itu berada. Perusahaan yang berada di negara berpendapatan rendah dapat mengakses informasi dan membuat kontak bisnis tanpa harus mengeluarkan biaya tinggi.
c. Mengurangi biaya transaksi dengan adanya system order, pembayaran dan logistik secara online dan otomatis.

Ancaman Menggunakan E-Commerce (Threats)
Threats merupakan kemungkinan-kemungkinan munculnya kejadian yang dapat membahayakan asset-aset yang berharga.
Ada beberapa bentuk ancaman yang mungkin terjadi:
• System Penetration
Orang-orang yang tidak berhak melakukan akses ke system computer dapat dan diperbolehkan melakukan segala sesuatu sesuai dengan keinginannya.
• Authorization Violation
Pelanggaran atau penyalahgunaan wewenang legal yang dimiliki seseorang yang berhak mengakses sebuah sistim.
• Planting
Memasukan sesuatu ke dalam sebuah system yang dianggap legal tetapi belum tentu legal di masa yang akan datang.
• Communications Monitoring
Seseorang dapat mernantau semua infonnasi rahasia dengan melakukan monitoring komunikasi sederhana di sebuah tempat pada jaringan komunikasi.
• Communications Tampering
Segala hal yang membahayakan kerahasiaan informasi seseorang tanpa melakukan penetrasi, seperti mengubah infonnasi transaksi di tengah jalan atau membuat sistim server palsu yang dapat menipu banyak orang untuk memberikan infonnasi rahasia mereka secara sukarela.
• Denial of service
Menghalangi seseorang dalam mengakses informasi, sumber, dan fasilitas-fasilitas lainnya.
• Repudiation
Penolakan terhadap sebuah aktivitas transaksi atau sebuah komunikasi baik secara sengaja maupun tidak disengaja.
Kesimpulan :
Ecommerce adalah penggunaan komputer atau jaringan internet untuk transaksi jual beli barang,jasa dan juga biasa dibuat untuk suatu bisnis. E-comerce ini dapat meminimalisir biaya dan tenaga pemasaran karna sudah lewat E-comerce.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar